Tips Cara Pasang Kabel LAN

cara-pasang-kabel-lan

Kabel LAN (local area network) merupakan kabel yang berguna untuk menghubungkan beberapa komputer/perangkat dalam area yang terbatas seperti rumah, kantor, perkantoran, dan pergudangan. Seringkali pelanggan yang berbelanja kabel LAN juga meminta tolong agar dipasangkan kepala konektornya/RJ-45. Padahal, cara pasang kabel LAN tidak rumit sama sekali alias gampang hanya saja butuh alat crimping tool/tang jepit jaringan.

Sebelum kita mulai, yang Anda perlu ketahui adalah jenis kabel lan ada 3 jenis yaitu kabel straight-through, kabel cross-over, dan kabel roll-over. Namun, dengan teknologi jaringan yang canggih sekarang, yang perlu Anda kuasai cukup cara pasang kabel LAN jenis straight-through. Karena network card/kartu jaringan sekarang yang sudah canggih bisa mendukung berbagai kebutuhan jaringan meskipun kabelnya straight-through.

Mari kita mulai dengan cara pasang kabel LAN straight:

1. Potong kabel sesuai panjang yang diinginkan, lebihkan sekitar 5-10cm, karena kita perlu menyisakan sebagian panjang kabel untuk konektor.

2. Lalu kuliti bagian luar kabel, bisa menggunakan crimping tool ataupun tool bawaan dari crimping tool untuk melakukannya. Disini harus hati-hati agar jangan sampai kabel tembaganya ikut terpotong.

3. Luruskan 8 inti kabel tersebut sampai benar-benar lurus, lalu urutkan 8 inti kabel tersebut sesuai standard straight. Lalu potong ujung kabelnya dengan menyisakan hingga 1-2cm saja menggunakan crimping tool atau gunting.

4. Cek kembali urutan kabelnya, apabila sudah benar, kemudian masukkan kabel tersebut ke dalam slot RJ-45 sesuai dengan urutannya seperti contoh di gambar berikut

5. Jepit konektor RJ-45 menggunakan crimping tool pastikan kamu menekannya dengan kuat hingga tertutup dengan rapat.

Ulangi 5 langkah diatas pada ujung kabel 1 lagi.

Kemudian langkah terakhir, lakukan test menggunakan LAN Tester, jika semua lampu pada LAN Tester menyala, itu berarti kabel LAN sudah siap untuk digunakan.

Apabila butuh barang jaringan seperti kabel LAN, tang crimping, lan tester, rj45, dll bisa klik link berikut untuk belanja langsung di BOLT Komputer.

Salam Hangat,

BOLT Komputer Pekanbaru

Toko Komputer Terpercaya di Pekanbaru