3 Tips Memilih Printer yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

printer murah

Printer merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai alat cetak / print dokumen. Umumnya printer hanya digunakan oleh kalangan pekerja, namun sekarang perlahan menjadi kewajiban bagi setiap pelajar dan mahasiswa. Jenis printer yang dibahas di artikel ini adalah Printer Inkjet, karena printer ini yang harganya lebih terjangkau dan cocok dengan pemakaian para pelajar dan mahasiswa.

Selain PC Rakitan dan Laptop, Printer juga sudah mulai menjadi hal yang wajib bagi para pelajar dan mahasiswa dalam belajar. Para guru dan dosen kerap memberikan tugas sekolah dan kuliah yang harus diprint dan dikumpulkan. Tidak sedikit para pelajar dan mahasiswa yang seringkali harus print tugas ke warnet karena belum memiliki printer.

Ketika printer sudah menjadi peralatan wajib dimiliki bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, BOLT Komputer Pekanbaru ingin berbagi tips yang patut kalian perhatikan sebelum membeli printer baru. Adapun tips tersebut adalah:

1. Tentukan Kapasitas Pemakaian Printer

Bayangkan kapasitas pemakaian printer kalian sebelum memutuskan membeli sebuah printer baru. Dalam sebulan, kira – kira berapa lembar kertas yang akan dicetak. Dengan mempertimbangkan hal ini, Anda dapat menghemat biaya yang cukup besar karena kapasitas cetak sebuah printer menentukan mahal – murah harganya pula. Contohnya, jika dalam sebulan kapasitas print yang dibutuhkan di bawah 100 lembar, maka printer inkjet yang murah seperti HP Deskjet 2135 sudah cukup. Kebalikannya, jika membutuhkan printer dengan kapasitas cetak di atas 100 lembar per Hari, maka EPSON L3110 dapat menjadi opsi yang lebih hemat karena sudah menggunakan teknologi ink tank.

2. Beli Printer Dengan Kondisi Baru

Printer jenis inkjet bukan merupakan perangkat cetak yang setangguh jenis Laserjet maupun Dotmatrix, karena komponen head printnya yang rentan rusak apabila tidak diperhatikan cara pemakaiannya. Oleh karena itu, bayangkan apabila kalian membeli printer inkjet dengan kondisi bekas, kita tidak pernah tahu cara pemakaian maupun perawatan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Selain itu, printer dengan kondisi baru selalu bergaransi, hal yang cukup penting menyangkut sebuah printer mengingat kerentanan head print inkjet. Jadi, BOLT Komputer Pekanbaru menyarankan kalian untuk selalu beli printer dengan kondisi baru ya.

3. Beli Printer Dengan Garansi Resmi

Hal terpenting sebelum membeli printer baru adalah pastikan printer yang Anda beli bergaransi resmi. Garansi resmi memberikan kemudahan seperti ketika printer Anda bermasalah dapat dibawa ke service center terdekat di kota Anda. Pelayanan purna jual dari garansi resmi tentunya berbeda dengan yang tidak. Tapi tenang, BOLT Komputer Pekanbaru selalu menyediakan printer bergaransi resmi sehingga dijamin printer yang dijual di BOLT Komputer Pekanbaru adalah 100% asli dan original.

Selain 3 tips di atas, BOLT Komputer Pekanbaru ingin menambahkan tips tambahan sebelum membeli printer baru yaitu usahakan beli printer multifungsi yang selain bisa print juga dapat copy dan scan. Karena harga printer dengan tambahan fitur Copy dan Scan biasanya tidak berbeda jauh dengan yang khusus print.

Jadi 3 Tips Memilih Printer yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa sampai di sini, apabila ada yang ingin berkonsultasi dengan admin kami silahkan hubungi melalui sosial media maupun WA kami. Semoga bermanfaat.

Salam Hangat,

BOLT Komputer Pekanbaru

Toko Komputer Terpercaya di Pekanbaru